Powered by Blogger.

EMPAT KECERDASAAN ORANG BERTAQWA





Empat Kecerdasan Orang Bertaqwa

Oleh : Septian Nugroho

Banyak ilmuwan zaman sekarang yang menyebutkan teori tentang otak manusia. Salah satunya yang membagi kecerdasan otak kepada 3 bagian IQ,EQ & SQ. Namun ternyata teori merupakan hasil jiplakan dari kitab yang 14 abad lalu tampil duluan menerangkan teori ini. Kitab yang diciptakan oleh Tuhan yang Maha Mengetahui. Yang dibawa oleh seorang manusia cerdas, penyabar, dan religius yaitu Muhammad Saw.

Al – qur’an mengajarkan kepada umatnya untuk cerdas dalam segala hal, sehigga dengan kecerdasannya biasa mencapai derajat ketqwaan. Berikut Lima Kecerdasan yang wajib dimiliki untuk mencapai derajat ketaqwaan


الذين ينفقون في السراء والضراء ا

“(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, …..QS. Ali – Imran 134)”


Islam menanamkan mental memberi kepada umatnya, sekalipun keadaannya harus menerima. Islam mengajarkan peduli terhadap sesama dalam keadaan apapun. Islam pun mengarjarkan kepada umatnya untuk menjadi seorang yang banyak harta , sehingga biasa membantu terhada sesama. Sahabat Abrurahman bin Auf menjadi pengusaha kaya digolongan orang – orang arab & menginfaqkan sebagian hartanya , Abu Bakar As Shidiq menjadi seorang yang kaya raya dan menginfaqkan seluruh harrtanya. Abu bakar & Abruraman didikan al – qur’an, cerdas dalam segi finansial & sosial.



والكاظمين الغيظ والعافين عن الناس والله يحب المحسنين

“Dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik. (QS. Ali – Imran 134)"



Orang bertaqwa senantiasa untuk bisa menahan amarahnya sekalipun kala itu dia sangat ingin marah. Senantiasa memaafkan kesaahan orang lain kepada dirinya , membalasnya dengan kebaikan mampu mengontrol emosinya. Nabi Muhammad ketika hijrah ke Thaif bersama Zaid bin Haritsah dilempari oleh orang – orang thaif dengan batu, kemudian Nabi Muhammad ditanya oleh malaikat gunung, gunung mana yang akan kamu kirim untuk aku lemparkan kepada mereka masyarakat Thaif. Nabi Muhammad melarang malaikat itu dan berkata semoga alllah menjadikan mereka (masyarakat Thaif) menjadi pembela Islam dan ampunan Allah bagi mereka. Nabi Muhammad sosok yang cerdas dalam segi emosional. Orang lain melempar dengan batu ia balas dengan buah.



والذين إذا فعلوا فاحشة أو ظلموا أنفسهم ذكروا الله فاستغفروا لذنوبهم ومن يغفر الذنوب إلا الله ولم يصروا على ما فعلوا وهم يعلمون

“Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain daripada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui (QS. Ali Imran 135).”



Dalam pembagian otak manusia ada titik yang disebut titik tuhan atau god spot. Titik ini akan teraliri darah ketika manusia bersujud, untuk senantiasa mengingat Allah disaat susah dan senang, sehinggga ketika orang sudah terikat dengan agama Allah hidupnya akan senantiasa memperoleh ketenangan.

Itulah empat kecerdasan yang harus dimiliki oleh orang bertaqwa. Wallohu a’lam bis shawab.

0 comments:

Post a Comment